Cara Cek HP Asus

ASUS memang lebih dikenal sebagai merk laptop. Namun, ASUS juga secara konsisten mengeluarkan produk berupa smartphone. Meski HP ASUS tak banyak peminatnya seperti smartphone lain, tetapi banyak juga penggemar setia ASUS. Nah, jika kamu juga peminat HP ASUS dan ingin membeli smartphone satu ini, maka harus tau cara cek HP ASUS.

HP ASUS dikenal memiliki performa yang baik, desain unik, dan harga yang cukup terjangkau. Bahkan HP ASUS terbaru, seperti ASUS Zenfone 8 dan ASUS ROG Phone 5, sudah didukung teknologi 5G. Performa kedua smartphone ini juga tak tanggung-tanggung.

Read More

Jika kalian tertarik untuk membeli HP ASUS, baik baru maupun bekas, maka harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui keaslian HP, kondisi software maupun hardware. Kamu pun terhindar dari membeli HP ASUS palsu, rusak, atau kondisinya kurang baik.

ASUS sebenarnya memiliki fitur tes atau untuk pengecekan tersendiri. Fitur tersebut bernama SMMI Test. Fitur ini merupakan fitur khusus serangkaian test untuk menguji smartphone ASUS.

Cara Cek HP ASUS

Cara Cek HP Asus
Cek HP Asus

Cek HP ASUS dengan SMMI Test

Cek HP ASUS menggunakan SMMI test cukup mudah. Kamu bisa menjalankan tes ini dengan aplikasi kalkulator yang ada pada HP ASUS. Berikut adalah cara SMMI test yang dapat kamu coba:

  • Buka aplikasi kalkulator pada HP ASUS
  • Masukkan kode .12345+=
  • Akan muncul beberapa pilihan yang dapat kamu tes
  • Pilih Autorun
  • Buka menu yang ada di bagian pojok kanan atas
  • Klik Start Autorun

Setelah selesai melakukan instruksi di atas, kamu bisa mulai cek HP ASUS dengan langkah-langnkah berikut:

1. Battery Test

Battery test bertujuan untuk mengecek performa dan kondisi baterai. Ini penting karena baterai sendiri adalah salah satu komponen penting sebuah HP.  Adanya pengecekan ini membuat kamu tahu apakah baterai HP ASUS masih dapat digunakan dengan baik atau performanya kurang dan boros.

Related  Cara Cek HP Xiaomi

2. Touch Test

Tak kalah pentinng dengan battery test, touch test bertujuan mengecek respon dari layar HP ASUS saat disentuh. Kamu dapat melihat apakah respon HP ASUS tetap baik atau tidak saat dilakukan sentuhan. Jika responnya baik, artinya touch screen dalam keadaan baik.

3. Speaker Test

Ketiga, kamu bisa melakukan speaker test. Caranya, kamu akan mendengar suara yang keluar dari speaker. Perhatikan dengan baik suara yang keluar tersebut, apakah masih jernih dan enak didengar atau tidak.

4. GSensor Test

Tes ini bertujuan untuk mengecek sensor gravitasi yang ada pada layar. Kamu dapat menyesuaikan tampilan layar dari HP ASUS dengan tes ini. Saat HP ASUS berada pada posisi tegak, maka secara otomatis layar akan ortrait. Sedangkan saat HP ASUS miring, maka otomatis layar akan landscape.

5. WifiBus Test

Pengecekan selanjutnya bertujuan untuk memastikan apakah jaringan WIFI dapat berfungsi dengan baik di HP ASUS. Kamu bisa menggunakan WiFi yang tersedia di sekitar kamu. Jika tidak ada, kamu bisa tethering atau Hotspot selular dari smartphone lain.

6. Receiver Test

Sesuai dengan namanya, tes ini bertujuan untuk mengecek fitur tanda adanya sebuah penerimaan. Ketika kamu menekan tombol receiver, maka HP Asus akan secara otomatis mengeluarkan bunyi tersendiri. Perhatikan bunyi tersebut. Jika terdapat suara berisik berupa noise, bisa jadi HP ASUS tersebut kondisinya kurang baik.

7. MainCamCapture Test

Kamu juga wajib melakukan tes ini, karena saat ini kamera adalah salah satu fitur penting yang ada pada HP. Cara melakukan tes ini mudah, cukup dengan mencoba mengambil beberapa potret gambar dengan kamera utama. Kemudian perhatikan hasilnya. Ini dapat menunjukkan apakah kamera utama masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Related  Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA

8. Vibrator Test

Vibrator test juga penting untuk dilakukan. Vibrator test meliputi seluruh komponen getar yang ada pada HP ASUS. Perhatikan getaran yang terjadi,  apabila getaran terasa tersendat, bisa jadi ada masalah pada komponen getar.

9. Dimming Test

Tujuan dilakukan dimming test yaitu untuk mengecek  layar yang secara otomatis akan redup jika ditekan di layar. Dari tes ini kamu akan tahu apakah  masih berfungsi dengan baik atau tidak. Nantinya, akan muncul sekitar tiga warna pokok mulai dari merah, hijau, dan biru.

10. HeadsetKey Test

Terakhir, yang tak kalah penting yaitu headsetkey test dengan cek keseluruhan tombol fisik yang ada di HP ASUS. Kamu dapat menekan seluruh tombol fisik yang ada. Mulai dari tombol power, tombol volume atas, tombol volume bawah, tombol home, hingga tombol back. Pastikan semua tombol tersebut masih berfungsi dengan baik.

Cek IMEI HP ASUS

Selain melakukan pengecekan fisik HP ASUS, kamu juga harus cek IMEI. Hal ini penting untuk mengetahui apakah HP ASUS tersebut asli atau tidak, resmi atau tidak. Pastinya kamu tak mau kalau salah memberi HP palsu atau illegal, kan?

Cara cek IMEI HP ASUS sangat mudah. Pertama, kamu harus tahu terlebih dulu nomor IMEI HP ASUS. Kamu bisa melihatnya pada box atau kardus bawaannya. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui nomor IMEI melalui dial dengan menekan *#06#.

Setelah mengetahui nomor IME HP ASUS, kamu bisa cek IMEI dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Masuk ke laman resmi IMEI Kemenperin
  • Masukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia
  • Kemudian klik logo pencarian atau enter
  • Selanjutnya, jika HP ASUS tersebut resmi, maka informasi lengkap mengenai HP ASUS akan muncul. Sebaliknya jika HP ASUS tersebut palsu atau illegal, maka tidak akan muncul informasi apapun.
Related  Cara Cek Lokasi HP

Cek HP ASUS dengan Garansi

Sebelum membeli HP ASUS, kamu juga perlu untuk cek garansinya. Biasanya, ASUS memberikan garansi resmi selama 1 tahun untuk HP baru. Adanya garansi ini sebagai jaminan jika selama 1 tahun tersebut terjadi kerusakan yang bukan disebabkan oleh pengguna, akan dilakukan perbaikan atau penggantian spare part secara gratis oleh service center ASUS .

Jika HP ASUS memiliki garansi kurang dari 1 tahun, kamu wajib curiga. Begitu pula jika garansi perbaikan tidak dialamatkan service center ASUS. Bisa jadi HP ASUS tersebut palsu atau illegal.

Namun, jika HP ASUS yang akan kamu beli adalah bekas, bisa jadi masa garansinya sudah habis. Terkadang garansinya berubah menjadi garansi toko, bukan lagi garansi resmi dari ASUS. Hal ini wajar mengingat yang akan kamu beli adalah HP ASUS bekas.

Cek HP ASUS Melalui Harganya

Kamu bisa membandingkan harga HP ASUS yang akan kamu beli dengan harga resmi yang dirilis dan harga pasarannya. Ini akan menghindarkanmu dari membeli HP ASUS palsu atau illegal. HP palsu ataupun illegal biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari aslinya. Namun, lebih amannya kamu bisa membeli HP ASUS melalui gerai resminya atau toko-toko HP yang terpercaya.

Itulah cara-cara cek HP Asus yang dapat kalian coba. Selalu teliti sebelum membeli, apalagi membeli HP. Jangan lupa lakukan pengecekan sebelum membeli HP ASUS baru maupun bekas. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Pilihan: 

Cara Autentikasi Akun Google Play Store
Cara Backup WhatsApp
Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan
Cara Cek iPhone Asli
Cara Cek HP Vivo
Cara Cek HP Asus
Cara Cek BPJS Kesehatan
Cara Check in di OYO

Related posts