Cara Cek Garansi iPhone

Siapa yang tak kenal dengan iPhone? Ponsel keluaran Apple ini termasuk ponsel flagship dengan banyak peminatnya. Harganya yang cukup mahal membuat ponsel satu ini kemudian banyak dipalsukan. Salah satu cara agar terhindar dari membeli produk palsu adalah cek garansi iPhone.

Para pembeli harus sangat berhati-hati. Pasalnya, harga mahal tidak menjamin keaslian produk. Terkadang iPhone palsu juga dijual dengan harga yang cukup tinggi. Namun, iPhone asli pasti memiliki garansi yang jelas. Oleh karena itu, sebelum membeli harus memastikan dulu terkait garansi ini.

Read More

Jenis-jenis Garansi iPhone

Garansi iPhone adalah jaminan dari Apple support yang dapat diklaim jika terjadi kerusakan pada iphone. Iphone asli pasti memiliki masa garansi yang jelas sedangkan iphone palsu tidak. Nah, ada beberapa jenis garansi iPhone yang perlu kamu ketahui, diantaranya yaitu:

1. Garansi Resmi

Garansi resmi merupakan garansi yang langsung diberkan dari perusahaan Apple untuk pihak distributor di suatu negara. Untuk mendapatkan garansi resmi ini, kamu harus membeli produk iphone original langsung di gerai distributor resmi atau Authorized reseller apple di Indonesia.

Keuntungan dari garansi resmi ini adalah masa berlaku klaim. Kamu bisa melakukan klaim di semua gerai Apple atau di seluruh Apple Service Center Indonesia. Misalnya saja kamu membeli iPhone di gerai Apple Bali, maka kamu tetap bisa melakukan klaim di Apple service center Jakarta.

2. Garansi Distributor

Garansi ini diberikan dari pihak distributor kepada pelanggan. Jika ada kerusakan iphone dalam masa garansi, semua kerusakan ditanggung oleh pihak distributor bukan service center apple. Jenis garansi ini didapat karena pihak distributor menjual produk apple secara ilegal.

Related  Cara Cek Garansi Samsung

Biasanya, harga iphone yang bergaransi distributor dijual dengan harga yang lebih murah dibanding iphone bergaransi resmi. Kamu perlu berhati-hati dengan tindak penjualan jenis tersebut.Pasalnya, apabila iphone yang kamu beli ternyata iphone rekondisi, pihak apple tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang diderita pelanggan.

3. Garansi Penjual

Mirip dengan jenis garansi distributor, garansi penjual ini diberikan dari pihak penjual kepada pembeli. Garansi iphone dari penjual biasanya kurang lebih hanya 1 bulan saja dari tanggal pembelian.

Biasanya, pihak yang memberikan garansi toko 1 bulan ini, menjual produk-produk iphone palsu, KW, Black Market, serta supercopy. Jadi, jika dibandingkan dari segi harga, jelas jauh berbeda dengan yang dijual di gerai apple resmi atau distributor. Mungkin bisa mencapai 5x lipat lebih murah dibanding harga iphone pada umumnya.

4. Garansi International

Garansi internasional hanya bisa didapatkan jika kamu membeli produk iphone di gerai apple luar negeri. Garansi internasional ini diberikan dari pihak apple langsung ke pembeli. Keuntungan mendapat garansi internasional ini, yaitu kamu bisa melakukan klaim di semua authorized reseller di Seluruh Dunia, termasuk Indonesia.

Cara Cek Garansi iPhone

Cara Cek Garansi iPhone
Cek Garansi iPhone

Saat membeli suatu produk elektronik, usahakan selalu cek garansinya tak terkecuali Iphone. Selain sebagai jaminan, hal tersebut dilakukan untuk cek iphone asli atau bukan. Jangan sampai kamu tertipu membeli iphone KW, rekondisi ataupun iphone bergaransi toko. Berikut adalah cara cek garansi iPhone:

  • Buka menu Settings di iPhone
  • Kemudian pilih ‘General lalu lanjutkan pilihan menu About
  • Pada layar akan tertera serial number yang menunjukkan IMEI dari iPhone
  • Setelah itu kunjungi https://support.apple.com/ lalu masukkan IMEI dan pilih negara.
  • Pilih opsi See your service and support coverage pada menu Service and Repair
  • Nantinya pada layar akan muncul detail status garansi iPhone milikmu

Selain menggunakan cara cek garansi iPhone di atas, kamu juga bisa mengecek garansi iPhone dengan cara sebagai berikut:

  • Buka menu Telepon pada perangkat
  • Masukkan kode *#06# pada menu telepon
  • Layar iPhone akan menunjukkan IMEI atau serial number sari perangkat yang kamu gunakan
  • Setelah itu kunjungi https://checkcoverage.apple.com/id/in/ lalu masukkan serial number iPhone
  • Input serial number atau IMEI pada kolom yang tersedia, lakukan verifikasi
  • Pilih menu ‘Lanjutkan”
  • Pada layar akan tertera status keaslian perangkat, garansi, serta informasi penting lainnya.
Related  Cara Cek Nomor M3

Cara Klaim Garansi iPhone

Kamu juga harus tahu cara mengklaim garansi iPhone hanya dilakukan dengan menghubungi Pihak Penyedia Servis Resmi Apple. Di Indonesia sendiri, banyak orang beranggapan bahwa AASP itu sama dengan iBox.

Namun perlu kamu tahu bahwa iBox bukanlah AASP, karena mereka hanyalah pihak ketiga iPhone yang bertindak sebagai distributor resmi, bukan Apple Store resmi. Di Indonesia, iBox merupakan premium seller. Namun ternyata, di luar negeri seperti Singapura atau Malaysia, tidak ada iBox. Jadi dapat disimpulkan bahwa kamu tidak bisa melakukan klaim garansi di iBox.

Lantas bagaimana cara klaim garansi produk Apple? Klaim garansi iPhone dilakukan dengan menghubungi Apple Support terlebih dahulu. Dalam hal ini, terdapat 2 opsi untuk menghubungi Apple Support, yaitu:

1. Apple Support Resmi

Kunjungi situs support.apple.com kemudian kirim seluruh data yang kamu miliki. Kamu bisa memberikan data dan menjabarkan kasus via teks maupun telepon. Jika memilih telepon, kamu akan terhubung dengan Apple Support Singapore terlebih dahulu. Setelah mendapatkan nomor case, maka kasus ini akan diteruskan ke AASP Indonesia yang terdekat.

2. Apple Support Indonesia

Opsi kedua adalah dengan menghubungi Apple Support Indonesia di nomor 0800 102 7753. Melalui nomor ini, kamu akan terhubung dan bicara dengan perwakilan Apple di Indonesia Setelah berhasil mendapatkan nomor case, maka kamu peru melalui beberapa tahap untuk mengklaim garansi sesuai dengan petunjuk Apple Support Indonesia.

Nah,  tahapan klaim garansi iPhone adalah sebagai berikut:

  • Hubungi Apple Support
  • Jelaskan kasus atau keluhan pada produk
  • Kunjungi AASP
  • Lakukan seluruh tahan atau proses di AASP (umumnya maksimal 21 hari kerja)
  • Pemberitahuan klaim diterima atau tidak
  • Penggantian unit jika tersedia
Related  Cara Cek IMEI iPhone

Tips Beli Iphone yang Original dan Asli

Maraknya kasus penipuan iphone palsu, kini semakin membuat orang was-was. Tak sedikit yang kena tipu, karena mereka tergiur harga murah. Jika kamu ingin beli iphone baru dalam waktu dekat ini, terapkan tips berikut yuk supaya tidak tertipu!

1. Beli di Gerai/Distributor Apple Resmi

Tips pertama, langsung beli ke gerai atau distribusi apple yang resmi. Disana, semua produk iphone sudah pasti original. Dan lagi, kamu akan mendapat garansi resmi dari apple service center.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak gerai apple resmi atau authorized reseller yang bisa ditemukan hampir di setiap kota.

2. Cek Garansi Iphone

Tips kedua, cek status serta tanggal garansi iphone. Jika original/asli, tentunya tanggal garansi yang muncul akan sama dengan tanggal pembeliannya. Waktu garansi resmi adalah setahun. Kamu bisa gunakan tutorial diatas untuk cek apa itu iphone second atau bukan.

3. Buka Box Langsung di Toko

Jika kamu membeli di toko/distributor dan ternyata tidak mendapat garansi resmi, langsung buka box/dus iphone langsung ditempat. Hal ini untuk mengurangi resiko terkena penipuan. Cek produk secara keseluruhan, mulai dari fisik sampai fitur-fitur iphone.

Demikian cara cek garansi iPhone, Dengan melakukan cek garansi iPhone serta menerapkan tips-tips di atas, hal tersebut dapat memperkecil kemungkinan terkena tipu. Ingat, jangan mudah tergiur harga murah dan tawaran garansi.

Baru Diulas:

Related posts