Cara Cek iPhone Asli

Hingga saat ini, iPhone menjadi smartphone yang versi terbarunya dinantikan oleh banyak penggemarnya. iPhone identik sebagai smartphone canggih dan “mewah”. Tak heran jika banyak orang ingin memiliki smartphone ini untuk menunjang penampilannya. Hal ini kemudian menyebabkan celah bagi oknum nakal untuk menjual iPhone palsu, sehingga cara cek iPhone asli sangat lah penting.

Umumnya, iPhone palsu dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari aslinya. Misalnya saja iPhone XR dengan harga jual resmi sekitar Rp 13 juta di iBox. Pada beberapa situs penjual iPhone palsu menawarkannya dengan kisaran harga harga 3-5 jutaan saja.

Read More

Pembeli yang bijak jangan mudah tergiur dulu dengan harga miring yang ditawarkan, karena umumnya itu adalah iPhone palsu atau rekondisi tidak resmi. Selain itu, iPhone juga tidak memiliki garansi. iPhone juga mudah rusak hanya  dalam hitungan waktu beberapa bulan saja.

Nah, jika kamu ingin membeli iPhone, pastikan membeli iPhone asli. Jangan sampai tertipu dengan membeli iPhone palsu. Ada beberapa cara untuk membedakan iPhone asli dengan yang palsu. Simak cara-cara berikut yang dapat kamu gunakan untuk membedakaniPhone yang asli dan palsu!

Cara Cek iPhone Asli

Cara Cek iPhone Asli
Cek iPhone Asli

Cara paling mudah untuk cek iPhone asli yaitu melalui International Mobile Equipment Identity atau IMEI. IMEI merupakan nomor identitas khusus, yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM (GSMA) untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan oleh produsen handphone. iPhone sendiri hanya memiliki satu nomor IMEI, karena iPhone hanya memiliki satu slot kartu SIM. Kika iPhone memiliki dua slot kartu SIM, maka kamu wajib waspada itu adalah iPhone palsu

Related  Cara Cek HP Vivo

Kamu bisa langsung melakukan pengecekan nomor IMEI melalui situs imei.kemenperin.go.id. Namun, untuk bisa melakukan pengecekan nomor IMEI, kamu harus mengetahui terlebih dahulu nomor IMEI iPhone tersebut. Basanya nomor IMEI iPhone bisa kamu temukanpada menu pengaturan, slot kartu SIM, iTunes, dan di box aslinya.

Selain melalui IMEI, ada beberapa cara cek iPhone asli yang dapat kamu lakukan. Berikut cara mengetahui lebih iPhone asli:

1. Harga Jauh Lebih Murah

Pertama, untuk cek iPhone asli atau palsu yang paling mudah adalah melalui harganya. Sejauh ini, harga iPhone asli memiliki pasaran yang cukup tinggi. Oleh karena itu, jika kamu menemukan iPhone dengan harga jauh lebih rendah dibanding pasarannya, maka bisa dipastikan itu adalah iPhone palsu.

2. Garansi yang Diberikan

Cek garansi yang diberikan pada saat pembelian iPhone bisa menjadi salah satu cara untuk cek iPhone asli. Jika iPhone yang akan kamu beli adalah iPhone asli dan kamu membelinya di official store Apple seperti iBox, maka garansi yang diberikan adalah garansi resmi. Kamu pun bisa memastikannya dengan mengecek melalui situs resmi Apple.

Namun, lain cerita jika kamu membeli iPhone di toko handphone biasa yang belum terjamin keresmiannya. Kemungkinan iPhone yang kamu adalah iPhone palsu pasti ada. Jadi sangat penting untuk cek garansi yang diberikan.

3. Hanya Memiliki Satu Slot Kartu SIM

iPhone hanya memiliki satu slot kartu SIM. Meskipun seri terbaru seperti  iPhone X, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 1, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max sudah dilengkapi dengan fitur dual SIM card, namun slot yang diberikan untuk kartu SIM fisik hanya satu. Kartu SIM satu lagi disediakan dalam bentuk eSIM atau SIM digital, yang sudah pasti tidak memerlukan slot untuk meletakkan SIM fisik. Oleh karena itu, jika kamu menemukan iPhone dual SIM, sudah dipastikan bahwa iPhone yang ditawarkan tersebut adalah iPhone palsu.

Related  Cara Cek Kartu Tri

4. Tidak Ada Slot Memori Eksternal

Cara selanjutnya yaitu cek bahwa iPhone milikmu tidak ada atau tidak memiliki slot memori eksternal. Pasalnya, iPhone tidak pernah memberikan slot untuk memori eksternal di setiap seri-nya. iPhone selalu meluncurkan seri-seri terbarunya dengan menawarkan memori internal yang sangat besar. Jadi, jika kamu menemukan iPhone yang memiliki slot untuk memori eksternal, maka bisa dipastikan bahwa iPhone tersebut adalah palsu.

5. Retina Display untuk Layar

Selain slot memori eksternal, cara cek iPhone asli lainnya yaitu dengan cek layarnya. iPhone asli umumnya menggunakan retina display, yang merupakan ciri khas dari iPhone. Retina display sendiri sudah digunakan sejak peluncuran iPhone seri 4 dan masih digunakan hingga kini.

Penggunaan retina display karena tampilan yag dihasilkan sangat halus, jernih dan membuat layarnya memiliki resolusi tinggi. Oleh karena itu, jika kamu menemukan iPhone dengan kualitas layer yang kurang baik dan buram, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah iPhone palsu.  iPhone asli pasti memiliki layer dengan resolusi tinggi.

6. Terdeteksi oleh iTunes

iTunes merupakan salah satu fitur dalam bentuk aplikasi, yang berguna untuk memasukkan beberapa data seperti lagu, video, maupun file lainnya ke dalam iPhone. Kamu bisa cek iPhone asli atau tidak  menggunakan iTunes. Caranya pun mudah, hanya dengan langsung menghubungkan iPhone milikmu ke komputer yang sudah terpasang iTunes.

Jika iTunes bisa mendeteksi smartphone milikmu, maka iPhone tersebut adalah asli. Sebaliknya, apabila smartphone tidak dapat terhubung dengan iTunes di komputer, maka wajib curiga. Kemungkinan besar adalah iPhone palsu.

7. Memiliki App Store

App Store adalah salah satu aplikasi bawaan yang diciptakan khusus produk Apple. App Store layaknya Play Store pada smartphone Android, menjadi toko aplikasi yang dapat digunakan oleh para penggunanya, untuk menemukan dan mengunduh aplikasi baru diinginkan. Karena itu, App Store juga menjadi salah satu indikator yang digunakan sebagai cara cek iPhone asli. Jika iPhone tidak memiliki App Store atau App Storenya tidak bisa dibuka, maka besar kemungkinan iPhone tersebut adalah iPhone palsu.

Related  Cara Cek Poin Xtra Cimb Niaga

8. Mengetahui Tahun Rilis iPhone

Mengetahui tahun rilis iPhone juga sangat penting. Apple biasanya akan memberhentikan produksi iPhone atau discontinue, setelah rilis maksimal dua tahun. Dari sini kamu dapat melihat bahwa jika kamu membeli iPhone baru, yang diproduksi setelah dua tahun perilisannya, maka bisa dipastikan bahwa iPhone yang kamu beli tersebut adalah iPhone palsu.

9. Cek Tombol Fisik iPhone

Kamu juga bisa cek iPhone asli dengan melihat tombol fisiknya, mulai dari tombol power atau lock, tombol volume dan tombol home. iPhone yang asli akan memiliki tombol-tombol yang kuat dan rekat. Sedangkan iPhone yang palsu biasanya memiliki tombol-tombol yang sedikit longgar, dan penempatan posisinya kurang pas.

10. Cara Melakukan Screenshot

Cara terakhir yaitu dengan mencoba melakukan screenshot. Cara cek iPhone asli yang satu ini sangat mudah dilakukan, karena kamu hanya perlu memencet tombol power atau lock, dengan tombol home secara bersamaan. Jika dengan memencet kedua tombol tersebut, kamu berhasil melakukan screenshot, maka ponselmu terbukti iPhone asli. Namun, jika kamu gagal melakukannya, maka tidak menutup kemungkinan bahwa iPhone kamu adalah iPhone palsu.

Demikian 10 cara cek iPhone asli yang dapat kamu lakukan. Selalu waspada saat akan membeli iPhone baru, jangan sampai salah membelli iPhone palsu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Pilihan: 

Cara Autentikasi Akun Google Play Store
Cara Backup WhatsApp
Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan
Cara Cek iPhone Asli
Cara Cek HP Vivo
Cara Cek HP Asus
Cara Cek BPJS Kesehatan
Cara Check in di OYO

Related posts