Cara Kirim Paket Lewat JNE

Belanja di era digital, tidak perlu repot-repot harus keluar rumah lagi. Soalnya, ada Shopee, Tokopedia, Blibli, dan lainnya yang siap menawarkan puluhan hingga ratusan toko online ke kalian secara gratis. Apalagi, mereka juga sudah bekerjasama dengan ekspedisi ternama di tanah air. Barang sampai dengan cepat ke penerima. Berikut, cara kirim paket lewat JNE.

Rasakan kemudahan kirim apapun melalui JNE. Pelayanan maksimal, lacak lokasi paketmu melalui situs JNE Express. Lakukan pengiriman dengan mudah kemanapun tujuan kalian via International Service. Butuh barang sampai keesokan harinya? Pilih layanan YES (Yakin Esok Sampai). Tarif per Kg yang terjangkau. Tetap dikirim meskipun hari libur sekalipun.

Read More

Penerima akan mendapatkan paketannya paling lambat pada pukul 23.59 sesuai waktu yang ada di daerahmu. Hanya berlaku untuk kota-kota tertentu saja. Tersedia juga garansi berupa uang kembali bila ada kesalahan atau keterlambatan dari pihak JNE. Pilih layanan SS atau Super Speed, buat kamu yang lebih mengutamakan waktu sampai barangnya. Maks. 24 jam.

Cara Kirim Paket Lewat JNE

Cara Kirim Paket Lewat JNE
Cara Kirim Paket Lewat JNE

Cara Kirim Paket Lewat JNE Bayar di Tempat

Fitur bayar di tempat oleh pihak penerima paket, bisa kalian lakukan setelah mengisi formulir sesuai dengan persyaratan umum yang berlaku. Lampirkan berkas seperti fotocopy KTP milik penjual, NPWP seller, kartu JLC, buku rekening, serta lengkapi form CS3 atau Customer Self Service System.

Cara kirim paket lewat JNE bayar di tempat, merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada para pemilik badan usaha. Bukan untuk pelanggan umum. Adapun transaksinya, bisa dilakukan di Counter JNE. Selain itu, penjual juga harus terdaftar sebagai member dari JLC atau JNE Loyalty Card. Service yang diberikan adalah kategori regular.

Related  Cara Cek Resi JNE

Buat kalian yang termasuk ke dalam pelanggan umum, dapat memilih berbagai macam fitur dan produk dari JNE. Mulai dari OKE atau Ongkos Kirim Ekonomis, Reguler, JNE Express, Diplomat, JESIKA, dan lain sebagainya. Kirim barang dalam jumlah besar sekaligus juga bisa. Coba layanan JTR, atau pergudangan. Nanti, Kamu dapat pilih service sesuai kebutuhan.

1. Siapkan Paket

Sebelum kalian mendatangi counter JNE, Kamu harus menyiapkan paket yang akan dikirim dari rumahmu terlebih dahulu. Mulai dari pengemasan, sampai menuliskan alamat tujuan dan keterangan lainnya dilakukan oleh seller. Setelah itu, bisa coba mengukur dimensi kemasan yang digunakan untuk mengemas barang pembeli. Nanti, cek kisaran harganya melalui JNE.

Cara kirim paket lewat JNE, bisa kalian praktikan meskipun bukan berperan sebagai seller. Hanya saja, kalau pilihannya layanan COD, pelanggan umum tidak dapat memilih fitur tersebut. Apabila barang yang akan dikirimkan sekiranya mudah pecah di tengah perjalanan pengiriman, sertakan keterangan/label “jangan dibanting”. Pakai bubble wrap juga biar aman.

2. Datangi Counter JNE Terdekat

Langkah berikutnya, kalian harus mulai membawa paket yang telah dikemas sedemikian rupa tersebut ke Counter JNE untuk diserahkan ke kurir. Tapi, ada cara yang lebih praktis lagi. Ya, Kamu bisa memilih layanan JNE PIPO atau Pick-Up Point. Nanti pihak ekspedisi yang akan langsung datang untuk mengambil kiriman paketanmu ke rumah. Ambil kapan saja di cabang.

Cara kirim paket lewat JNE melalui layanan PIPO ini, sangat mempermudah seller ataupun penerima yang memiliki mobilitas tinggi. Batas maksimum pengambilan paket di counter terdekat, paling lambat 5 hari, terhitung sejak paketanmu tiba. Ketentuan tersebut, berlaku bagi penerima paket. Kalau tidak memilih Pick-Up Point juga bisa. Paket diantar ke rumah.

Related  Cara Kirim CV Lewat Email

3. Pilih Layanan REG atau Reguler

Supaya penerima dapat langsung mendapatkan paketannya tepat di rumah, seller harus pilih fitur Reguler. Adapun jangka waktu sampai ke alamat tujuannya, mulai dari 1 sampai dengan 7 hari dalam masa kerja. Hari libur Sabtu dan Minggu tidak dihitung. Sayangnya, kalau paket tersebut mengalami kegagalan pengiriman atau kerusakan selama perjalanan. JNE tidak salah.

Artinya, pihak penerima harus bertanggung jawab penuh terhadap paket miliknya. Karena, tidak ada garansi uang kembali di fitur REG. Disamping harganya yang terjangkau. Bahkan, kalian bisa mendapatkan gratis ongkir kalau pesan melalui platform belanja online. Gunakan voucher ongkos kirimnya, sebelum Kamu membuat pesanan. Area Jabodetabek bisa 0 rupiah.

4. Pastikan Seller Bayar Ongkos Kirim Terlebih Dahulu

Pilihan layanan JNE COD atau bayar di tempat ini, mendorong pengirim harus melakukan transaksi di awal dengan pihak ekspedisi. Terutama, dalam hal ongkir. Hal ini, dilakukan untuk meyakinkan bahwa paket tersebut pasti sampai ke penerima. Baik penjual ataupun pembeli dapat merasa aman. Pembeli merasa yakin, karena bayarnya setelah barang tiba.

Kisaran harganya, mulai dari Rp 11.000,- hingga Rp 18.000,- per Kg. Termasuk juga, untuk paket jenis dokumen. Harga tersebut, bisa saja berubah setiap tahunnya. Semakin jauh lokasi antara pengirim dan penerima, ongkir yang dikeluarkan akan lebih mahal. Sedangkan kalau jaraknya dekat, contoh Bekasi-Bandung. Maka, biaya yang dikenakan sebesar Rp 11.000,-.

Penasaran dengan bobot dari paketanmu? Bisa coba ditimbang, menggunakan timbangan digital terlebih dahulu. Nanti cek kisaran harga yang harus kalian bayarkannya, di situs resmi milik JNE Express. Cara kirim paket lewat JNE ini, bisa Kamu praktikan langsung ketika akan mengirim paketan. Tidak perlu jadi member JLC, untuk pelanggan umum juga bisa.

Related  Cara Kirim Pulsa Indosat

5. Tracking Melalui Situs Resmi

Tahapan terakhir, kalian bisa langsung memeriksa lokasi paket melalui nomor resi yang sudah diberikan oleh pihak JNE. Caranya:

Keuntungan Kirim Paket JNE COD

Adapun keuntungan bagi pelanggan yang dapat menggunakan layanan COD JNE ini, terdiri dari 4 poin. Tidak hanya menguntungkan satu pihak saja, melainkan kedua belah pihak. Dimana, hal yang dimaksud tentu adalah pihak pengirim dan penerima. Simak penjelasan selengkapnya, berikut:

  • Kepercayaan pembeli menjadi lebih meningkat
  • Reputasi toko online kalian, dapat semakin berkembang ke arah positif
  • Penerima tidak merasa khawatir kena modus penipuan (belanjaanmu tidak dikirim oleh seller). Karena, bayarnya ketika barang sudah sampai di lokasi tujuan
  • Solusi tepat, untuk kalian yang malas melakukan pembayaran melalui online atau ATM atau Gerai Retail.

Sedangkan untuk ketentuannya sendiri, dapat Kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum mulai memilih layanan COD JNE tersebut. Persyaratan umumnya, bisa kalian lihat pada penjelasan di atas. Lalu, ini dia ketentuan selengkapnya!

  • Hanya berlaku untuk customer kategori seller non-Market Place yang transaksinya dilakukan melalui Counter JNE. Selain itu, pastikan namamu sudah tercantum di dalam daftar penjual online
  • Layanan yang bisa dipilih untuk metode pengiriman paketnya, hanya Reguler (REG)
  • Pastikan kalian sudah masuk menjadi bagian dari anggota JLC atau JNE Loyalty Card. Minimalnya, telah berlangsung selama 1 bulan.

Itulah pembahasan mengenai cara kirim paket lewat JNE di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Stay health everyone, and bye bye…

Related posts