Cara Kirim CV Lewat Email

Mau melamar pekerjaan di sebuah instansi swasta atau negeri? Sebelum itu, kalian butuh satu hal penting yang harus dipersiapkan. Riwayat Hidup. Dimana, berkas tersebut nantinya dapat membawa pelamar mempersiapkan dokumen lain. Misalnya, portofolio, surat lamaran kerja, dan sejenisnya. Oleh sebab itu, Kamu wajib mengetahui cara kirim CV lewat email berikut.

Curiculum Vitae atau CV merupakan, sebuah berkas yang isinya meliputi riwayat hidup dari pengalaman seseorang. Didalamnya, tertulis berbagai macam informasi yang mampu menjabarkan kehidupan orang tersebut. Mulai dari riwayat pendidikan, biodata, keterampilan, pekerjaan, dan lain sebagainya. Pokoknya, dimanapun kalian melamar kerja. Ya butuh CV.

Read More

Dokumen satu ini, dapat membawa kalian masuk ke tahapan berikutnya. Adapun sebutan dari penyeleksiannya, dikenal dengan proses seleksi berkas. Umumnya, tahap paling akhir yang menentukan apakan kalian lolos atau tidak adalah wawancara atau interview. Setelah itu, Kamu akan mendapatkan pengumuman. Bisa melalui email atau website resmi dari instansi.

Cara Kirim CV Lewat Email

Cara Kirim CV Lewat Email
Kirim CV Lewat Email

Cara Kirim CV Lewat Email di HP

Pengiriman CV ketika teknologi belum begitu berkembang, kebanyakan pelamar akan segera menuju lokasi instansi tempat mereka melamar. Namun seiring perubahan zaman, kini ada cara yang lebih cepat dan praktis. Gratis, karena kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ongkos perjalanan menuju ke tempatnya. Kirim riwayat hidupmu dengan mudah, via email.

Cara kirim CV lewat email di HP, bukanlah perkara yang sulit. Soalnya, implementasi ketika kalian hendak melakukan pengiriman CVnya memang sangat mudah. Siapapun bisa mencoba, dan dijamin langsung bisa. Bebas akses selama 24 jam nonstop. Atur suara notifikasi email di menu setelan pada ponselmu. Supaya, saat ada pesan masuk Kamu langsung mengetahuinya.

Related  Cara Delete Akun Gmail

1. Mempersiapkan Berkas CV dalam Format PDF

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum kalian mempraktikan cara kirim CV lewat email adalah, persiapkan CVnya. Pastikan, desain maupun gaya tulisan yang digunakan tidak berlebihan maupun sulit untuk dibaca. Beritahukan hal-hal penting yang membuat orang lain memahami karakter, serta kemampun dirimu. Cantumkan secara jujur, tanapa direkayasa.

  • Buka Google Play Store kalian di HP.
  • Ketik di kolom pencarian, Canva > Search.
  • Download aplikasi Canva > masuk ke halaman utama.
  • Kamu bisa pilih untuk langsung berlangganan sebagai akun premium, atau free trial.
  • Login menggunakan akun Google supaya lebih mudah.
  • Pilih kategori CV > pilih template yang ada tulisan free. Lambang ikon mahkkota hanya untuk akun premium.
  • Edit template pilihan kalian > isi datanya sesuai dengan riwayat hidupmu.
  • Sematkan informasi kontak, sesuai dengan nomor dan email aktif yang sering kalian gunakan.
  • Unduh file dalam format PDF. Size dokumennya tidak perlu kalian ubah.
  • Simpan dokumen dengan nama “CV_Nama Lengkap”.

2. Melengkapi Email Tujuan atau Penerima dengan Benar

Selesai mengikuti tahapan diatas dalam mempersiapkan CV ke dalam format pdf. Kalian perlu lakukan langkah berikutnya. Masuk ke akun Gmail melalui browser atau aplikasi yang terdapat di HP. Berikut, cara Kamu agar bisa login Gmail menggunakan akun pribadi.

  • Download aplikasi Gmail di Play Store.
  • Klik login menggunakan akun Google.
  • Tunggu beberapa saat, nanti secara otomatis halaman utama Gmail akan muncul.

Cara kirim CV lewat email, lebih mudah dipraktikan karena tidak perlu mengeluarkan biaya. Selain itu, pada umumnya setiap ponsel android sudah terpasang sistem yang mengharuskan pemilihnya untuk masuk akun menggunakan akun Google. Itulah kenapa, saat login ke Gmail bisa diselesaikan dengan cepat. Berbeda kasusnya, kalau kalian masuknya dengan akun lain.

  • Buka aplikasi Gmail.
  • Pilih pulpen atau compose untuk memulai mengirim email.
  • Ketik alamat surel yang terdapat di lampiran loker yang kalian lihat.
  • Pastikan tidak ada satu huruf ataupun angka (bila ada) yang tertinggal.
  • Setelah kolom tujuan terisi, lakukan tahap selanjutnya.
Related  Cara Membuka Akses Google Drive

3. Mengisi Judul Email atau Subject Sesuai Format

Subject atau judul pesan yang hendak kalian kirimkan ke redaksi pimpinan sebuah instansi, secara umum sudah diatur berdasarkan format yang telah mereka buat. Artinya, Kamu hanya perlu menyalin atau mengetik ulang sesuai dengan ketentuan. Supaya, saat diterima pesannya tidak tercampur dengan email masuk lainnya. Mempermudah HRD dalam mensortir berkas.

4. Lengkapi Kolom Utama Email Sebagai Pengantar

Cara kirim CV lewat email berikutnya adalah, kalian harus melengkapi kolom utama atau isi dari pesan yang akan dikirimkan. Body text ini, kerap berisi kalimat yang bertujuan sebagai kata pengantar dari isi yang dilampirkan. Diharapkan, penerima dapat merasakan adanya rasa kesungguhan dari pelamar. Tidak hanya sekedar mengirimkan lampiran berkas semata.

5. Mengirim Secara Urut Berkas yang Dilampirkan

Perhatikan berkas-berkas apa saja yang diminta oleh instansi, atau tempat kalian melamar. Hal ini, sangat penting. Pasalnya, kelengkapan dokumen menjadi prioritas pertama yang ada untuk mendukung email Kamu lolos seleksi berkas. Selain itu, pastikan juga jenis format apa yang diminta. Misalnya, pdf, jpg, word, atau bisa jadi sudah dalam bentuk WinRar Archive.

Kalau kalian mengikuti langkah-langkah tersebut , nantinya dapat membawa Kamu selangkah lebih maju untuk lolos seleksi. Pastikan upload dokumennya secara berurutan. Mulai dari CV, portofolio, kemudian lampiran-lampiran penting lainnya. Contohnya saja, ijazah pendidikan terakhir, KTP, Kartu Keluarga, dan lain sebagainya. Urutkan dari yang paling penting.

6. Mengisi Lampiran atau Attachment dalam Ukuran File Kecil

Hal penting lainnya yang harus kalian perhatikan ketika upload dokumen adalah, ukuran dari file tersebut. Jangan sampai satu dokumennya saja sudah mencapai 150 kb atau bahkan MB. Otomatis, pihak HRD yang menerima juga langsung merasa terbebani. Oleh sebab itu, Kamu yang bertindak sebagai pelamar kerja compress file bila diperlukan. Maksimal 50 kb/ 1 data.

Related  Cara Hapus Akun Gmail

7. Periksa Kembali CV

Cara kirim CV lewat email yang benar, sebelumnya kalian butuh lebih teliti kembali apa saja file didalam pesan. Istilah mudahnya, lakukan pemeriksaan ulang. Kroscek dari mulai alamat surel penerima, subject, body text, hingga berkas yang dilampirkan.  Takutnya, nanti setelah dikirim terdapat kesalahan penulisan. Entah itu email tujuan atau tempat lainnya.

8. Kirim Email Saat Waktu Kerja

Setelah kalian yakin semuanya sudah tampak rapih dan profesional, trik untuk mendapatkan respon cepat dari instansi adalah, kirim di jam operasional. Lebih bagus lagi, kalau Kamu mengirimnya, beberapa menit setelah iklan lowongan dipasang ke publik. Supaya, peluang agar mendapat urutan dari daftar orang yang melamar, tidak terlampau jauh. Quickly send.

Cara Kirim CV Lewat Email yang Baik

Buat pelamar kerja ataupun kalian yang memiliki kepentingan untuk saling bertukar pesan, harus selalu memperhatikan isi dari surel yang akan dikirimkan ke alamat tujuan. Urutannya, dapat Kamu lihat di penjelasan atas. Ingat, karena ini termasuk kegiatan yang seringkali ditujukan kepada para profesional. Maka, cara penyampaian pesannya juga harus sopan.

Sekian pembahasan mengenai cara kirim CV lewat email di kesempatan kali ini. Temukan juga informasi terkait, seperti cara kirim CV lewat email  di HP, dan cara kirim CV lewat email yang baik. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Love your days and be yourself. Bye bye!

Related posts