Cara Jualan di Instagram

Dominasi pekerjaan yang dilakukan oleh masyarakat di era digital seperti saat ini, adalah pedagang. Tersedia dalam berbagai macam kategori, produk dagangannya. Bahkan, kalian juga bisa memilih, mau berdagang secara online, offline, atau keduanya. Hanya saja, untuk mempermudah mengawalinya, sering dilakukan via online. Ini dia, cara jualan di Instagram.

Mengawali karir di dunia bisnis dan marketing sebagai pengusaha kelas kecil. Harus banyak mencari tahu strategi serta produk yang memang sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Hal tersebut, dapat kalian lakukan dengan cara riset pasar. Perhatikan arah minat para pembeli. Pastikan juga barang tersebut memiliki nilai jual tinggi dengan harga terjangkau. Keep spirit!

Lapak untuk berjualan secara online, dapat kalian awali dengan memiliki akun bisnis di IG. Kenapa tidak menggunakan akun pribadi? Supaya pembeli tidak merasa ragu dan penjual juga dapat memperhatikan data statistik hasil kunjungan orang yang mampir ke toko. Masih ada lagi, karena akunnya bukan untuk kebutuhan personal. Pengusaha bisa pasang iklan.

Ad sense atau iklan tersebut, dapat kalian muat dalam bentuk video ataupun gambar. Mau itu kampanye dalam skala besar atau kecil, Kamu bisa memulainya kapan saja. Bebas, nanti buat terlebih dahulu melalui Facebook Ads Manager. Setelah itu, pengguna tinggal koneksikan akun IG bisnisnya. Atur jadwal penayangan iklan. Pastikan dikemas semenarik mungkin ya…

Cara Jualan di Instagram

Cara Jualan di Instagram
Cara Jualan di Instagram

Cara Jualan di Instagram Shop

Visual atau tampilan yang tampak terlihat oleh indera penglihatan inilah, yang menjadi kunci dari pembuatan sebuah iklan. Tidak hanya memanjakan mata para penonton, tapi juga harus membuat pesan yang tersembunyi didalamnya sampai ke viewers. Jangan sampai, iklannya malah menimbulkan kesalahpahaman. Oleh sebab itu, para penjual perlu mempelajari strategi.

Related  Cara Cek Pulsa Indosat

Cara jualan di Instagram Shop, sangat butuh yang namanya strategi pemasaran. Termasuk hal yang berkaitan erat dengan penyebarluasan informasi produk melalui ad sense. Mudahnya, kalian dapat meminta bantuan dari pengaruh para influencer di tanah air. Hal tersebut, guna mendongkrak popularitas dari brand usahamu. Tapi, tentu budget yang dibutuhkan banyak.

Kalian yang belum memiliki anggaran khusus pengeluaran untuk membayar content creator. Bisa mensiasatinya dengan membuat iklan versi Kamu. Artinya, semua konsep sampai detail pengambilan gambar atau video dilakukan secara mandiri. Finishing atau sunting gambarnya juga. Satu hal yang perlu kalian ingat. Hindari meniru iklan milik orang lain, buat yang fresh.

1. Perbanyak Jumlah Pengikut atau Followers

Menjalani bisnis online, hal yang perlu kalian perhatikan adalah jumlah pengikut akun bisnis. Dimana, semakin banyak jumlahnya akan besar juga peluang orang yang tertarik membeli produk dalam toko Kamu. Selain itu, followers tersebut akan berperan untuk menarik minat pengunjung. Disisi lain, meningkatkan rasa kepercayaan maupun perasaan aman customer.

Cara jualan di Instagram seperti ini, merupakan basic paling umum yang dilakukan oleh para pengusaha. Penambahan jumlah pengikutnya, dapat kalian lakukan secara step by step. Mulai dari mengikuti akun bisnis atau akun pribadi milik orang lain. Fokuskan ke mana arah target pasar yang kalian inginkan. Cocokkan juga sesuai dengan produknya. Biar tepat sasaran.

2. Berikan Diskon atau Promo Menarik

Keberadaan diskon, juga dapat menjadi cara jitu berjualan di Instagram yang dapat menarik minat publik. Potongan harga, gratis ongkir, hingga cashback. Hal seperti itulah yang banyak dicari oleh masyarakat. Langkah yang sangat bagus, untuk kalian yang baru saja meniti usaha di pasar online. Tidak harus dimunculkan setiap hari. Keluarkan saat event-event tertentu.

Related  Cara Cek Layar Samsung

Polemik akan masalah finansial toko, membuat sebagian besar pengusaha tingkat pemula merasa khawatir untuk memberikan diskon. Padahal, tidak begitu sistemnya. Diskon memang tidak terlalu banyak memberikan pemasukan besar kepada penjual. Soalnya, produk tersebut dijual dengan harga yang lebih rendah dari umumnya. Tapi, bisa memicu adanya customer.

3. Jaga Kepercayaan Para Pembeli

Cara jualan di Instagram lainnya, yaitu dengan menjaga kepercayaan yang telah dimiliki oleh pembeli. Artinya, usahakan selalu pertahankan kualitas pelayanan. Baik dari segi produk, pengemasan, hingga pusat bantuan. Apalagi, kalau kalian membangun usaha via online. Ada hubungan kasat mata yang tidak dapat terlihat, namun memiliki pengaruh besar. Simbiosis.

Artinya hubungan yang sangat terasa dampak diantara keduanya. Penjual yang memberikan pelayanan terbaik, dapat membuat pembelinya merasa puas. Kepuasan pelanggan inilah yang akan membawa pengaruh baik untuk kelangsungan toko kalian. Kalau melalui platform, hal seperti ini bisa dilihat berdasarkan rating yang diberikan. Instagram, ada centang birunya.

4. Atur Target Penjualan

Toko official atau yang sudah mendapatkan verifikasi dari pihak Instagram, ditandai dengan adanya centang biru di samping nama akun. Dalam arti lain, akunnya sudah pasti terpercaya. Penjual sendiri, dapat menentukan target penjualannya sedari dini. Maksudnya, saat kalian baru memulai membuat bisnis. Alangkah baiknya sudah menargetkan rentang usia customer.

Bidik target pasarannya, dengan rentang usia yang cocok untuk menggunakan produk yang kalian tawarkan di usahamu. Selain itu, pastikan juga apakah jenis kelaminnya sudah sesuai. Kalau sekiranya tidak memungkinkan untuk dikategorikan ke unisex, ketikkan di deskripsi salahs satunya. Contoh wanita atau pria. Supaya, terlihat lebih spesifik dan mudah dicari.

5. Konten Menarik

Cara jualan di Instagram lainnya, yaitu dengan membuat konten yang menarik. Konten ini, nantinya dapat kalian gunakan sebagai iklan. Selain itu, buat konsep yang lebih fresh. Beda dari ads milik tetangga. Apalagi, kalau produk yang dijual serupa. Tunjukkan sisi kelebihan yang ditawarkan oleh usaha Kamu. Beri effort yang sungguh-sungguh selama pembuatannya.

Related  Cara Cek HP Disadap

Efek iklan ini, dampaknya sangat kuat. Semakin menarik visual yang disajikan ke masyarakat, ingatan akan iklan tersebut juga akan semakin kuat di pikiran orang yang melihatnya. Apalagi, bisa membuat penonton tergerak untuk mencoba membeli produknya. Lakukan kampanye secara berkala. Pendekatan seperti ini, terbukti ampuh meningkatkan rasa penasaran pembeli.

Cara Jualan di Instagram Pemula

Jenis format dari iklan Instagram ini, terdiri dari beberapa bagian. Diantaranya, ada iklan video, gambar, stories, dan karosel. Karosel ini, adalah salah macam dari Instagram Ads yang didalamnya dapat kalian kombinasikan antara 3 sampai dengan 5 gambar menjadi 1 iklan saja. Tampilan yang terlihat, mirip seperti slideshow. Pemilik akun IG lain, dapat melihatnya.

Cara jualan di Instagram pemula, dapat coba dengan bentuk iklan karosel. Pengguna IG, nanti yang tertarik untuk melihatnya, tinggal menggeser ke kanan maupun ke kiri dari gambar iklan tersebut. Tidak hanya gambar saja. Video juga bisa menggunakan jenis carousel. Akan tetapi, ada syaratnya. Video yang akan diunggah tidak boleh memiliki resolusi lebih dari 1080 piksel.

Durasi iklan dalam bentuk video ini, minimalnya berlangsung selama 3 detik dan maksimal adalah 60 detik. Ukuran filenya sendiri, tidak boleh melebihi 4 GB. Frame rate-nya memiliki ukuran maksimal 30 fps. Adapun resolusinya juga mentok di 600 x 600 piksel. Kalau kalian memenuhi semua persyaratan tersebut, maka tidak akan ada kendala saat mengunggahnya.

Sekian penjelasan mengenai cara jualan di Instagram di kesempatan kali ini. Cek juga info terkait, seputar cara jualan di Instagram Shop, dan cara jualan di Instagram pemula. See you on the next topics. Have a nice days everyone. Bye bye!

Related posts