Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Bagaimana cara membatalkan pesanan di tokopedia? Apakah kita bisa melakukan pembatalan pesanan di tokopedia lewat aplikasi? Berapa lama prosess pembatalan pesanan di tokopedia?

Ngomongin tentang belanja online, mungkin sebagian dari kita sudah gak lagi asing dengan hal yang satu ini. Yaps, belanja online sendiri merupakan kegiatan yang kerap dilakukan para pengguna untuk membeli produk yang mereka inginkan dengan harga yang murah dan juga terjangkau.

Read More

Dan gak cuma itu aja, belanja online juga menjadi pilihan karena kita tidak perlu mendatangi offline store atau toko offline ketika ingin membeli produk yang kita inginkan. Cukup dengan melakukan pembayaran lewat metode pembayaran yang berlaku, dan nantinya pihak penjual akan mengirimkan produk yang kita pesan melalui jasa ekspedisi yang dipilih.

Dengan begitu, kita gak perlu sibuk keluar rumah dan tinggal duduk manis sembari menunggu produk yang kita beli sampai dirumah. Karena hal inilah, maka gak heran jika saat ini jumlah pengguna atau orang orang yang melakukan belanja online makin meningkat tiap harinya.

Selain itu, beberapa produk yang ditawarkan oleh e-commerce atau toko online juga terbilang cukup lengkap. Karena, ada beberapa jenis kategori yang mana didalamnya mampu memenuhi kebutuhan kamu.

Mulai dari kebutuhan elektronik, hobi, kebutuhan rumah tangga, makanan, kesehatan, olahraga, otomotif, fashion, dan lain sebagainya. Dan gak cuma itu aja kok, banyak banget para e-commerce yang memberikan beragam promo dan juga diskon yang menarik.

Seperti Tokopedia misalnya. Siapa yang gak tau dengan tokopedia? Salah satu layanan e-commerce terbaik di Indonesia ini, memang dikenal memberikan diskon dan juga cashback dengan metode pembayaran tertentu, yang membuat para pembeli mendapatkan keuntungan ataupun diskon yang cukup besar.

Gak cuma itu aja, kamu juga bisa menggunakan metode pembayaran paylater dari Gojek, ataupun Paylater dari Indodana dengan cashback yang cukup menarik juga tentunya. Selain itu, banyak banget pengguna yang memilih Tokopedia sebagai e-commerce mereka karena kemudahan yang diatawarkan.

Related  Cara Cek Saldo Tokopedia

Tapi sayangnya, kadang ada saja pengguna yang kerap melakukan kesalahan ketika membeli produk di tokopedia. Mulai dari kesalahan jumlah pesanan, tidak tersedianya produk yang dipesan, ataupun ingin mengganti metode pembayaran dan juga alamat pengiriman mereka.

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia
Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Hal ini sebenarnya masih masuk dalam kategori wajar. Namun untuk pengguna tokopedia baru, mereka kadang lupa atau belum mengerti tentang cara membatalkan pesanan di Tokopedia. Alhasil, ketika mereka ingin membatalkan pesanan tersebut, mereka tidak dapat mengajukannya dan alhasil produk yang salah tadi akan tetap dikirimkan ke alamat penerima.

Padahal, caranya gampang banget kok. Disini, kamu bisa mencoba beberapa cara yang udah mimin rangkum untuk membatalkan pesanan di tokopedia. Seperti

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia lewat Aplikasi

Pertama, untuk kamu pengguna smartphone android ataupun iOS, kamu dapat melakukan pembatalan pesanan di tokopedia dengan mudah, melalui aplikasinya langsung. Disini, kamu hanya perlu

  1. Membuka aplikasi Tokopedia yang sudah login dengan akun tokopedia kamu
  2. Setelah itu, klik pada bagian lonceng yang ada di bagian pojok kanan atas didekat kolom pencarian
  3. Nantinya, kamu akan melihat notifikasi ataupun informasi mengenai produkmu
  4. Klik pada bagian produk tersebut
  5. Dan lalu scroll kebawah dan klik pada tombol batalkan pesanan
  6. Secara otomatis, tokopedia akan melakukan pembatalan pesanan yang kamu buat tadi, dengan syarat selama pesanan yang kamu buat belum melebihi batas waktu pembatalan yang ditentukan.

Jika pesananmu sudah lebih dari 2 – 3 jam atau sudah berpindah status dari diprosess menjadi sedang dikemas atau sedang dikirim, maka prosess pembatalan harus melalui persetujuan dari pihak seller terlebih dahulu, baru bisa dibatalkan. Jika seller tidak menyetujuinya, maka produk akan tetap dikirimkan ke alamatmu.

Related  Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Jadi, pastikan dulu jika ingin melakukan pembatalan pesanan, kamu masih dalam batas waktu yang ditentukan, ya.

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia lewat Website

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa juga melakukan pembatalan pesanan melalui website tokopedia yang bisa kamu aksess melalui komputer ataupun laptop kalian. Disini, kamu bisa melakukannya dengan cara

  1. Buka browser yang ada di komputer atau laptop kalian
  2. Setelah itu kunjungi situs https://tokopedia.com
  3. Lalu, kamu bisa login dengan menggunakan akun tokopedia ataupun akun Gmail yang terhubung dengan tokopedia kamu
  4. Setelah berhasil masuk kamu bisa langsung mengklik pada bagian profile yang ada di bagian pojok kanan atas, lalu pilih pada menu Pesanan berlangsung
  5. Nantinya kamu akan diarahkan ke laman produk yang baru saja kamu pesan
  6. Klik pada produk tersebut dan terakhir kamu tinggal mengklik pada batalkan pesanan

Sama seperti cara sebelumnya, disini kamu harus mengetahui tenggang waktu atau batas waktu pesanan yang masih dapat dibatalkan. Jika mungkin sudah melebihi batas waktunya, maka pembatalan harus terlebih dahulu melalui persetujuan pihak penjual. Tetapi jika baru saja dilakukan pemesanan, maka secara otomatis kamu bisa membatalkan pesanan.

Nah, nantinya saldo yang kamu keluarkan untuk membeli produk tersebut akan dikembalikan ke dana tokopedia yang dapat kamu gunakan untuk membeli produk lain di tokopedia, ataupun membeli pulsa dan paket data di Tokopedia.

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia lewat Pusat Bantuan

Terakhir kamu bisa melakukan pembatalan lewat pusat bantuan tokopedia. Biasanya, hal ini kerap dipakai untuk mereka yang ingin mengajukan komplain atas produk yang diterima. Namun, dalam beberapa kasus juga pusat bantuan tokopedia kerap dipakai untuk melakukan pembatalan pesanan.

Related  Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Nah, disini kamu harus tau dulu beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk membatalkan pesanan. Misalnya, penjual tak kunjung memprosess pesanan kamu lebih dari 3 hari, atau tidak ada update dari penjual mengenai produk yang kamu beli.

Untuk pusat bantuan sendiri bisa kamu temukan pada laman profile didekat pengaturan atau settings yang ada di menu profile kalian. Kamu bisa menghubungi pihak pusat bantuan dengan mengatakan jik produk yang kamu beli tak kunjung di prosess, dan kamu ingin melakukan pembatalan akibat seller tidak merespon.

Nantinya pihak tokopedia akan melakukan pembatalan dari server, dan secara otomatis saldomu akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia kamu.

Namun untuk kamu yang mungkin menggunakan metode pembayaran COD, jelas tidak ada pengembalian saldo yang dilakukan. Karena, sistem COD sendiri adalah kamu baru akan membayar dengan uang tunai ketika pesananmu datang.

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir apabila kamu menggunakan metode pembayaran COD dan ingin melakukan pembatalan pesanan. Kecuali, jika produk yang kamu beli dengan sistem COD, ternyata tidak sesuai dengan yang ada di produk. Maka kamu bisa mengajukan komplain atau retur untuk pengembalian barang.

Nah, itulah tadi beberapa cara membatalkan pesanan di tokopedia yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan cara atau metode yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rekomendasi Editor:

Related posts