Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Cara membatalkan pesanan di lazada sebenarnya sangat mudah, hanya saja banyak sekali para pengguna baru yang belum faham dan mengerti tentang cara pembatalan pesanan mereka.

Di zaman serba digital saat ini, apapun sudah dapat dilakukan dengan mudah. Mulai dari mendapatkan informasi dari internet, memesan kendaraan secara online, ataupun berbelanja kebutuhan produk secara online.

Salah satu dari beberapa hal tersebut adalah bagaimana internet sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Salah satunya ya belanja online melalui marketplace ataupun e-commerce.

Karena sebagaimana kita tau, saat ini sendiri memang sudah banyak layanan e-commerce atau toko online yang sudah diisi oleh para penjual yang menjajakkan beragam produk didalamnya. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, kebutuhan hobi, virtual, otomotif, olahraga, kesehatan, fashion, dan lain sebagainya, sudah dapat ditemukan dengan mudah melalui layanan e-commerce ini.

Maka gak heran, sampai saat inipun, Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar dari negara yang sering melakukan belanja online. Karena, harga yang ditawarkan toko online kadang kala jauh lebih murah, daripada offline store yang ada di sekitar kamu.

Gak cuma itu aja, untuk layanan toko online atau e-commerce saat ini juga sudah bekerja sama dengan layanan ekspedisi pengantaran paket. Sehingga, pengguna atau pembeli tidak perlu lagi mendatangi toko offline. Cukup dengan memasukkan nama penerima, alamat lengkap dan nomor telpon, kurir akan mengatarkan paket yang kamu pesan di e-commerce kesayangan kamu.

Ditambah lagi dengan banyaknya diskon yang diberikan oleh pihak e-commerce seperti Lazada, yang mana setiap bulannya mengadakan event flash sale dan juga promo besar-besaran, yang memungkinkan pengguna mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga yang terjangkau dan juga diskon gratis ongkir untuk mereka yang senang menggunakan lazada.

Maka gak heran, jika sampai saat ini pun pengguna dari Lazada kian meningkat, apalagi sekarang lazada sudah tersedia dalam bentuk aplikasi untuk pengguna smartphone android ataupun iOS yang mana makin memudahkan mereka dalam melakukan pencarian produk, ataupun membeli produk yang diinginkan.

Apalagi, untuk prosess pendaftaran akun lazada sendiri terbilang mudah, sehingga banyak banget para pengguna baru yang mendaftarkan akun mereka untuk mendapatkan produk dengan harga yang terjangkau serta banyaknya diskon dan juga promo gratis ongkir.

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada
Membatalkan Pesanan di Lazada

Tapi sayangnya, kadang ada saja para pengguna yang mengalami kesalahan ketika membeli produk. Biasanya, mereka kerap kali keliru pada jumlah produk ataupun jenis produk yang dibeli. Sehingga, mereka bingung dan seketika panik apalagi jika mereka tidak mengetahui cara membatalkan pesanan di lazada.

Padahal, untuk caranya sendiri terbilang mudah kok. Kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini. Seperti

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada lewat Aplikasi

Cara pertama yang menurut mimin paling mudah adalah dengan melalui Aplikasi Lazada itu sendiri. Sebagaimana kita tau, saat ini para pengguna Android ataupun iOS sudah bisa mengaksess aplikasi Lazada untuk melakukan pembelian produk mereka dengan mudah. Tapi gak cuma itu aja kok, kamu juga bisa melakukan pembatalan pesanan lewat aplikasinya. Dengan cara

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Lazada di smartphonemu
  2. Kemudian lakukan login dengan menggunakan akun yang mana didalamnya sudah ada pesanan yang akan dibatalkan
  3. Setelah itu klik pada bagian profile yang ada di pojok kanan bawah
  4. Lalu kamu akan melihat status pesanan produk kamu. Klik pada menu ‘sedang di prosess’ atau ‘dikemas’ dan nantinya akan muncul detail produk yang sudah kamu beli, namun ingin dibatalkan
  5. Klik pada produk tersebut, lalu klik pada bagian ‘batalkan pesanan’
  6. Tunggu beberapa saat, dan biasanya kamu akan dimintai alasan mengapa kamu ingin membatalkan pesanan tersebut.
  7. Kamu boleh mengisinya, atau memilih opsi lainnya untuk membatalkan pesanan

Jika sudah, maka nantinya pesanan produk kamu akan langsung dibatalkan dan tak lagi di prosess oleh penjual. Tapi dengan catatan ya, cara ini hanya berlaku jika pesanan yang kamu buat belum lebih dari maksimal 1 x 24 jam. Terlebih, jika pesananmu sudah masuk dalam kategori ‘Sedang dikirim’ maka pesanan tidak dapat dibatalkan.

Nantinya, saldomu akan dikembalikan ke Lazada Kredit, ataupun dompet digital seperti DANA apabila sudah terhubung dengan Akun Lazada milikmu.

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada lewat Website

Kemudian untuk cara yang kedua kamu juga bisa mengunjungi situs resmi dari lazada, dan login dengan menggunakan akun lazada yang kamu miliki di smartphone. Cara ini cukup efektif, terlebih jika ponselmu dalam keadaan mati atau tidak dapat digunakan. Caranya

  1. Buka browser yang ada di komputer atau laptop kalian.
  2. Setelah itu kunjungi situs https://lazada.co.id lalu klik pada login / masuk.
  3. Masukkan detail akun Lazada yang mana didalamnya ada pesanan yang ingin kamu batalkan atau cancel.
  4. Setelah itu klik pada bagian profile dan klik pada status pesanan anda.
  5. Nantinya kamu juga akan melihat status dari pesanan yang kamu ingin batalkan.
  6. Klik pada bagian produk yang ingin kamu batalkan.
  7. Lalu scroll ke bagian  bawah dan klik pada ‘Batalkan Pesanan’ dan isi juga alasan mengapa kamu ingin membatalkan pesanan tersebut (opsional).
  8. Tunggu beberapa saat, dan nantinya secara otomatis pesananmu akan dibatalkan oleh pihak lazada, dan seller tidak lagi memprosess pesanan yang kamu buat tadi.

Baik dengan menggunakan aplikasi ataupun Website Lazada, keduanya juga sama saja. Jadi, jika kamu memiliki pesanan yang sudah berlangsung selama lebih dari 1 x 24 jam, maka prosess pembatalan tidak akan disetujui oleh pihak seller ataupun lazada. Jadi, pastikan ketika kamu salah membeli produk, kamu langsung melakukan pembatalan pesanan, agar prosess pembatalan lebih cepat di prosess.

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada lewat Chat Penjual

Cara ketiga yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pembatalan, adalah dengan melakukan chat pribadi dengan penjual. Disini, kamu bisa langsung menghubungi penjual atas produk yang ingin kamu batalkan, dan menjelaskan alasan mengapa kamu ingin membatalkan pesanan tersebut.

Biasanya, cara ini kerap dipakai oleh pengguna yang mungkin suka bingung atau belum tau tentang cara pembatalan secara manual. Padahal, kamu tinggal mencari produk yang sedang di prosess pada bagian profile Lazada kamu.

Setelah itu, kamu bisa mengklik pada produk yang akan dibatalkan dan mencari menu Chat Seller lalu buat percakapan seperti biasa, dan jelaskan alasan mengapa kamu ingin melakukan pembatalan pesanan yang kamu buat.

Biasanya, seller nantinya akan memberikan arahan kepadamu untuk melakukan cancel order. Karena, pembatalan pesanan jika dilakukan oleh seller akan berpengaruh pada rating dan juga penilaian seller.

Setelah berhasil melakukan pembatalan, jangan lupa untuk meminta maaf kepada seller dan berterima kasih karena prosess pembatalan sudah dilakukan dengan cepat dan dilayani dengan baik.

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada lewat Customer Service

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa juga kok meminta bantuan pada pihak customer service dari Lazada. Biasanya, cara ini kerap digunakan untuk para pembeli yang tidak mendapatkan respon atau balasan dari seller mengenai update produk yang mereka beli.

Untuk mendapatkan bantuan dari layanan customer service juga, kamu bisa menemukannya dengan mudah baik di Aplikasi Lazada yang ada di smartphone ataupun di website mereka. Caranya

  1. Buka aplikasi atau situs lazada
  2. Setelah itu cara menu bantuan yang biasanya ada di laman profile Lazada kamu
  3. Lalu pilih menu Live Chat dan tunggu sampai terhubung dengan customer service yang bertugas
  4. Kemudian, kamu bisa mengatakan jika kamu ingin melakukan pembatalan produk karena penjual tidak kunjung memberikan respon ataupun balasan kepada pembeli
  5. Nantinya pihak customer service akan meminta data produk yang kamu beli, dan dalam waktu 1 x 24 jam, pesananmu akan otomatis dibatalkan jika penjual masih tidak memprosess atau merespon pesan customer service

Sama seperti cara sebelumnya, dana pembelianmu akan dikembalikan sepenuhnya kedalam saldo Lazada kamu, ataupun saldo e-waller DANA yang terhubung dengan akun kalian. Jadi, gak perlu khawatir ya sob.

Bagi pengguna Bukalapak, yang juga mungkin ingin tahu bisa baca cara membatalkan pesanan di Bukalapak biar jelas dan tidak bingung.!

Dan itulah tadi beberapa cara membatalkan pesanan di Lazada. Silahkan coba cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.