Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Bagaimana cara membatalkan pesanan di bukalapak? Apakah kita bisa membatalkan pesanan yang sudah di prosess di bukalapak? Bagaimana cara membatalkan pesanan di bukalapak bila mana penjual tidak merespon?

Bicara tentang belanja online, mungkin saat ini kita sudah gak lagi asing dengan hal yang satu ini. Kebutuhan masyarakat atas barang barang yang digunakan dalam kebutuhan sehari-hari terus meningkat.

Read More

Tentunya, hal ini mempengaruhi sektor jual beli yang makin kemari kian meningkat. Jika beberapa tahun lalu kita harus membeli kebutuhan rumah tangga ataupun produk yang cukup vital melalui toko offline dengan datang ke toko, saat ini kita bisa dengan mudah membeli produk yang kita inginkan melalui layanan online.

Nah, hal inilah yang akhirnya mendorong para developer untuk mengembangkan layanan e-commerce, seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi. Bayangkan saja, kita bisa membeli produk lewat smartphone melalui aplikasi ataupun situs dari e-commerce tersebut.

Mulai dari memenuhi kebutuhan sehari-hari sampai ke kebutuhan virtual, seperti token listrik, pulsa, paket data, atau bahkan hal lain yang berkaitan dengan layanan virtual. Dan pada akhirnya, hal ini membantu mempertemukan pembeli yang ingin membeli produk, dan juga penjual yang memiliki produk lewat layanan online.

Tentunya, hal ini tak semata mata dikembangkan sendiri. Melainkan juga ada keterlibatan antara kurir, penjual, dan pembeli serta layanan customer service dari e-commerce untuk membantu kamu ketika mengalami kendala.

Maka gak heran, jika saat ini kita banyak banget menemukan layanan e-commerce yang menjual beragam jenis produk sesuai kategori dan mampu memenuhi kebutuhan kita. Salah satunya adalah Bukalapak.

Layanan e-commerce bukalapak sendiri memang sudah cukup lama ada di Indonesia. Munculnya bukalapak sendiri mulai merambah masuk kedalam dunia televisi untuk melakukan promosi agar menarik minat para pembeli untuk mengunjungi bukalapak.

Awalnya, Bukalapak memang hanya dikhususkan untuk diaksess melalui websitenya saja. Namun semakin berkembang, bukalapak sudah bisa kamu aksess melalui smartphone Android ataupun iOS dalam bentuk aplikasi.

Related  Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Untuk penggunannya pun sama. Pengguna harus terlebih dahulu memiliki akun di Bukalapak, untuk dapat membeli produk atau sekedar menambahkan produk yang diinginkan kedalam keranjang ataupun wistlist mereka.

Dengan begitu, pengguna bisa kemudian membeli produk yang diinginkan, jika sudah memiliki uang ataupun pada waktu yang dibutuhkan. Tapi sayangnya, ada saja pengguna baru dari Bukalapak yang belum mengerti tentang cara checkout atau membeli produk di bukalapak.

Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Cara Membatalkan Pesanan di Bukalapak
Membatalkan Pesanan di Bukalapak

Alhasil, ketika mereka salam membeli produk, mereka bingung bagaimana cara membatalkan pesanan di bukalapak. Sebenarnya, cara pembatalan pada saat pembelian produk di bukalapak sendiri terbilang mudah. Hanya saja, mungkin tidak semua pengguna mengetahuinya.

Sekiranya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan ketika ingin membatalkan pesanan di bukalapak. Seperti

Membatalkan Pesanan di Bukalapak lewat Website

Cara pertama yang paling simple dan mudah adalah dengan mengakesess situs atau website bukalapak itu sendiri. Disini, kamu bisa menggunakan beragam jenis perangkat. Mulai dari komputer, ataupun laptop dan juga smartphone kalian. Dengan cara

  1. Buka browser yang ada di perangkat kalian
  2. Setelah itu, kunjungi situs bukalapak.com
  3. Kemudian login seperti biasa menggunakan akun bukalapak yang mana ada pesanan yang ingin dibatalkan didalamnya
  4. Lalu, klik pada bagian lonceng / profile bukalapak kamu
  5. Klik pada pesanan yang sedang berlangsung atau sedang di prosess
  6. Lalu scroll ke bagian paling bawah dan kamu bisa mengklik pada opsi Batalkan Pesanan

Biasanya, kamu akan diminta untuk mengisi alasan mengapa kamu ingin membatalkan pesanan tersebut. Pastikan juga, untuk pesanan yang ingin dibatalkan masih dalam status diprosess atau menunggu konfirmasi ataupun menunggu pembayaran.

Related  Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Sebab, ketika pesanan sudah masuk dalam status sedang dalam pengiriman, maka pesanan tidak dapat dibatalkan baik dari penjual ataupun pembeli.

Nah, selain Bukalapak kamu juga bisa bacain cara membatalkan pesanan di Lazada agar semakin tau lebih!

Membatalkan Pesanan di Bukalapak lewat Aplikasi

Kemudian untuk cara yang kedua juga masih sama seperti cara sebelumnya. Hanya saja, disini kita akan melakukan pembatalan secara langsung melalui aplikasi bukalapak yang ada di smarpthone Android ataupun iOS kalian. Caranya juga gampang kok.

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Bukalapak
  2. Pastikan kamu sudah terlogin atau sudah memiliki akun bukalapak
  3. Setelah itu kamu bisa mengklik pada bagian profile atau notifikasi yang biasanya ada di bagian pojok kanan atas ataupun bagian bawah aplikasi
  4. Klik pada pesanan yang ingin kamu batalkan
  5. Pastikan pesananmu masih dalam status diprosess atau menunggu konfirmasi
  6. Lalu scroll ke bagian agak bawah, dan klik pada batalkan pesanan
  7. Tunggu beberapa saat, dan nantinya kamu bisa mengisi informasi atau alasan pembatalan produk
  8. Terakhir, kamu tinggal menunggu persetujuan dari penjual atas pembatalan pesanan kamu

Sama seperti melalui desktop, ketika kamu ingin melakukan pembatalan, pastikan status pesanan kamu masih dalam pemrosessan ataupun menunggu konfirmasi. Untuk lebih amannya, kamu dapat menghubungi pihak penjual, sebelum melakukan pembatalan.

Membatalkan Pesanan di Bukalapak lewat Customer Service

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa meminta bantuan pada pihak customer serivce dalam melakukan pembatalan produk di bukalapak. Biasanya, cara ini kerap dipakai untuk mereka yang sudah membeli produk, namun untuk status sedang di prosessnya tidak berubah setelah melewati batas maksimal untuk penjual mengkonfirmasi pesanan ataupun memprosess pesanan kamu.

Caranya juga gampang banget, kamu tinggal mencari menu ‘bantuan’ yang biasanya ada di bagian bawah pesanan kamu, ataupun melalui laman profile. Setelah itu, kamu bisa menjelaskan mengapa kamu ingin melakukan pembatalan produk atas pesanan yang kamu buat.

Related  Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Jelaskan pada customer service jika pesanan yang kamu buat tak kunjung diprosess atau sudah melebihi batas maksimal dari pemrosessan produk. Nantinya, pihak customer service akan melakukan konfirmasi pada pihak penjual, dan apabila tidak ada respon dalam maksimal 1 x 24 jam, maka secara otomatis pesananmu akan dibatalkan dari pihak bukalapak, dan dana yang sudah digunakan untuk membayar produk tersebut, akan masuk kedalam bukadompet atau dana bukalapak untuk kamu dapat berbelanja kembali.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu khawatir jika danamu hilang. Karena dana akan dikembalikan dalam maksimal 1 x 24 jam, kedalam aplikasi bukalapak kamu.

Membatalkan Pesanan di Bukalapak lewat Penjual

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu juga bisa menghubungi penjual terkait, untuk melakukan pembatalan. Biasanya, cara ini kerap dipakai untuk mereka yang mungkin saja secara tidak sengaja melakukan pembelian produk, namun bukan pada pilihan produk yang diinginkan.

Untuk hal ini sendiri harus dilakukan beberapa menit setelah pesanan dibayarkan, atau masih dalam status sedang diprosess. Kamu bisa langsung mengklik pada produk yang sedang diprosess tersebut, dan kemudian mengklik pada icon chat penjual, untuk kemudian melakukan konfirmasi.

Kamu bisa mengatakan jika saya ingin membatalkan pesanan tersebut, karena setelah saya lihat saya ternyata salah membeli produk. Nah, nantinya pihak penjual atau seller akan mengarahkan kamu untuk melakukan pembatalan pesanan yang kamu buat.

Jika sudah begitu, maka kamu tinggal menunggu saldo yang tadi kamu gunakan untuk membayar, akan secara otomatis masuk kedalam saldo bukalapak kamu, dan bisa kamu gunakan untuk melakukan pembelian produk lain yang ada di bukalapak. Gampang banget kan?

Dan itulah tadi beberapa cara membatalkan pesanan di bukalapak. Jika terjadi masalah dalam hal ini, kamu dapat menghubungi pihak customer service bukalapak, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat.